Pembinaan Kader Pos Pelayanan Terpadu ( Posyandu )

Admin SID 29 November 2016 19:40:08 WIB

Senaru ( SID) – Pemerintah Desa Senaru Melakukan Pembinaan Kapasitas Kader Posyandu yang di pasilitasi oleh Tim Penyuluhan UPTD Puskesmas Senaru yang di hadiri oleh 50 Kader Posyandu yang berada di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, bertempat di Aula Kantor Desa Senaru (28/11) .

Diharapkan dengan terlaksananya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader itu sendiri dalam melayani masyarakat terutama yang berada di Desa Senaru .

Posyandu ( Pos Pelayanan Terpadu ) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya. Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari puskesmas setempat.

Sasaran utama kegiatan posyandu ini adalah balita dan orangtuanya, ibu hamil, ibu menyusui dan bayinya, serta wanita usia subur. Sedangkan yang bertindak sebagai pelaksana posyandu adalah kader itu sendiri .

Kader adalah seorang tenaga sukarela yang direkrut dari, oleh dan untuk masyarakat, yang bertugas membantu kelancaran pelayanan kesehatan. Keberadaan kader sering dikaitkan dengan pelayanan rutin di posyandu. Sehingga seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan posyandu, serta mau dan sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan posyandu .

Syarat Menjadi Kader Posyandu

  • Dapat membaca dan menulis
  • Berjiwa sosial dan mau bekerja secara relawan
  • Mengetahui adat istiadat serta kebiasaan masyarakat
  • Mempunyai waktu yang cukup
  • Bertempat tinggal di wilayah posyandu
  • Berpenampilan ramah dan simpatik
  • Mengikuti pelatihan-pelatihan sebelum menjadi kader posyandu.

 

Komentar atas Pembinaan Kader Pos Pelayanan Terpadu ( Posyandu )

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Senaru

tampilkan dalam peta lebih besar