JAMBU MONYET

20 Oktober 2016 15:04:35 WIB

Salah satu produk  perkebunan masyarakat desa Senaru adalah Jambu Monyet atau lebih di kenal dengan Jambu Mente oleh masyarakat di desa Senaru. Jambu Mente saat ini jarang di temukan di wilayah-wilayah  lain. Di desa Senaru saja adanya di Dusun Pawang Karya, Lendang Cempaka, Kebaloan Bawah, Kebaloan Atas, Lokok Kelungkung  dan Sembulan Batu. Jambu Mente ini merupkan tanaman yang panen satu kali dalam satu tahun, tapi walapun begitu sebagian masyrakat terutama di dusun Pawang Karya seperti di tempat saat ini saya tinggal, ungkap dia , ( SUHARTONO ) saat di jumpai . sebagian besar masyarakat desa senaru menggantungkan kehidupannya pada tanaman yang satu ini untuk membiayai anak-anak mereka sekolah, membuat rumah dan  memenuhi kebutuhan pokok lainnya .

 

Jambu Monyet [ Jambu Mente ] Anacardium occidentale adalah nama ilmiah dari Jambu Monyet atau Jambu Mente. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah tepatnya dari Negara Brasil. Meski menyandang nama “jambu”, sesungguhnya tanaman ini tidak berkerabat dengan jambu-jambuan atau Myrtaceae. Dalam ilmu botani, ia malah lebih dekat dengan buah mangga ketimbang jambu-jambuan juga kacang-kacangan. Jambu ini tersohor bukan karena rasanya tetapi lebih pada biji pada pangkal bawah buahnya. Biji inilah yang di yang di jual di pasran atau pada tengkulak lansung yang mendatangi rumah-rumah warga. Saat ini atau musim panen mente tahun ini ( 2016 ), harga per 1 Kg itu  bisa mencapai Rp. 25. 000. Bisa di bilang harga yang sangat tinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain di jual, biji Jambu Mente ini dapat diambil dan dikeringkan kemudian diolah menjadi beberapa panganan. Rasanya memang nikmat dan memiliki sejumlah khasiat bagi manusia. Jambu Mente ini berasal dari pepohonan dengan ukuran sedang. Tinggi maksimalnya sekitar 12 meter dengan cabang yang melebar. Daunnya terletak pada bagian ujung rantingnya. Ia termasuk tanaman berumah satu atau biasa juga dikenal dengan istilah monoesis dengan bunga berkelamin campuran. 

 

Buah Jambu Mente ini memiliki warna yang variatif, mulai dari oranye, hijau hingga dominan merah saat jambu telah matang sempurna. Ia juga berair seperti jambu dengan tekstur buah yang lunak namun renyah, juga seperti jambu air. Buah ini memiliki getah yang jika terkena bibir bisa mengabibatkan bibir menjadi bengkak. Namun hal ini tidak terjadi pada semua orang. Sementara itu, pada kulitnya terdapat lapisan lilin yang jika dikonsumsi bisa saja membuat lidah pun tenggorokan menjadi iritasi. 

 

Pemanfaatan Jambu Mente

 

Pada dasarnya, sebagai buah, Jambu Mente juga bisa dikonsumsi. Akan tetapi oleh karena rasanya yang agak sepat dan masam, ia kurang digemari. Padahal, penelitian terbaru dari European Food Research, membuktikan kandungan vitamin C jambu monyet 4 kali lipat jika dibandingkan dengan buah jeruk yang selama ini dianggap sebagai bank vitamin C. selain dikonsumsi langsung, buah jambu monyet ini juga bisa diolah menjadi penganan seperti acar, manisan basah, saus, pelengkap salad dan lain-lain. Di Brasil sendiri, jambu monyet sangat populer dijadikan minuman soda dan minuman kemasan lainnya. Rasanya yang unik memang sanggup memikat lidah. 

 

Selain nikmat di lidah, jambu monyet ini juga ternyata bisa mengobati berbagai penyakit kronis seperti diabetes mellitus, radang pada mulut, penyakit disentri dan masih banyak lagi lainnya. Khasiat ini bersumber pada kandungan senyawa kimia yang ada di dalam buah jambu monyet. Adapun senyawa tersebut adalah tannin, cardol, acid, anacardic, vitamin c dosis tinggi dan masih banyak lagi lainnya. 

 

Selain buah Jambu Mente, kabarnya daun tanaman jambu yang satu ini juga memiliki sejumlah khasiat. Hal ini juga bersumber pada kandungan senyawa yang tersimpan pada dedaunan tersebut. Adapun senyawa penting tersebut antara lain Vitamin A, Vitamin C, protein, lemak, kalsium, hidrat arang, air, fosfor, kalori dan masih banyak lagi lainnya. Biasanya daun jambu monyet utamanya yang masih muda biasa dikonsumsi dalam bentuk lalapan seperti yang saat ini masih di konsumsi oleh sebagian masyarakat dusun Pawang Karya desa Senaru kecamatan Bayan ini.

cukup sekian semoga bermanfaat…

inilah  artikel pertama jenis Produk Desa Senaru dan tentunya masih banyak lagi produk- produk lain yang perlu kami bagikan kepada anda semua

 

Terima Kasih telah membaca Artikel kami …………….

Komentar atas JAMBU MONYET

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Senaru

tampilkan dalam peta lebih besar