Sendang Gile

Admin SID 30 Oktober 2016 18:45:20 WIB

Mengunjungi Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, Anda akan menemui air terjun yang mengaliri tebing yang bertingat. Tak hanya itu udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau nan alami akan menyambut Anda. Pulau Lombok memang memiliki pesona wisata alam yang mengagumkan, yang menyatu dengan ritme yang menenangkan. Di kaki Gunung Rinjani terdapat beberapa wisata air terjun yang cukup terkenal. Diantaranya adalah Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua air terjun ini mengalir membentuk satu aliran. Hembusan kabutnya memenuhi sekitar lembah, dan akan terasa sejuk ketika Anda berada di dekatnya.

Air terjun ini  terletak di sisi sebelah Utara di kaki Gunung Rinjani. Yang juga merupakan bagian dari jalur pendakian. Secara administratif, Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupataen Lombok Utara, NTB . sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Mataram. Mengingat jaraknya yang cukup jauh, disarankan agar Anda menggunakan kendaran pribadi untuk mengunjungi wisata air terjun yang menakjubkan ini.

Air Terjun Sendang Gile terletak cukup dekat dengan pintu masuk wisata alam Lombok ini. Anda cukup berjalan kaki sejauh 15 Menit saja. Karena letaknya yang dekat pintu masuk, Air Terjun Sendang Gile lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bagi Anda yang tidak suka dengan medan yang terlalu berat, Air Terjun Sendang Gile merupakan pilihan yang tepat untuk Anda kunjungi.

Di sepanjang jalan menuju ke kedua air terjun, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan lindung yang lebat. Hutan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani ( TNGR ) . Mayoritas flora yang tumbuh di area ini adalah tumbuhan tropis. Seperti Pohon Bajur (Pterocarpus sp.), Pohon Ipil (Insia biyuga), Pohon Sentul (Sondarium), dan Pohon Jati (Tektona grandis). Meskipun lebat dan rimbun, Anda tidak perlu khawatir akan tersesat. Karena jalan menuju Air Terjun Sendang Gile sangat jelas. Namun jika Anda ragu, Anda bisa meminta pemandu setempat untuk menunjukkan arah ke Air Terjun Sendang Gile .

Jalan setapak menuju ke Air Terjun Sendang Gile mayoritas berupa anak tangga. Jalan ini cukup nyaman untuk Anda tempuh. Namun sesampainya di lokasi air terjun, Anda juga harus berhati-hati. Karena di sekitar air terjun terdapat banyak bebatuan yang besar. Jika Anda berdiri di tempat yang sedikit lebih tinggi, Anda bisa melihat aliran air yang memecah di bebatuan. Anda juga bisa duduk dan beristirahat di bebatuan tersebut, sembari menikmati pemandangan air terjun di depan Anda. Jika Anda merasa cukup dingin, Anda juga bisa ditemani dengan secangkir kopi yang bisa Anda peroleh di warung-warung di sekitar air terjun .

Informasi Tambahan

  • Lokasi: Desa Senaru, Kecamatan Bayan,  Kabupaten Lombok Utara.
  • Harga tiket: Rp. 5.000 per orang.
  • Waktu terbaik untuk berkunjung: Jam 10.00-15.00 WITA.
  • Fasilitas umum: Restoran, warung makan, lahan parkir, toilet, pusat informasi, gazebo, dan mushola.
  • Hotel atau Resort terdekat: pondok senaru, tugu lombok hotel

________________________________________________________________

Mari Berkunjung Ke Desa Senaru Dan temukan Destinasi Wisata Lainnya .

Komentar atas Sendang Gile

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Senaru

tampilkan dalam peta lebih besar